Metrics

  • visibility 0 views
  • get_app 0 downloads
description Journal article public Ikhtisar

Model Kurikulum Transmisi Dan Implementasinya Dalam PAI

Nofitayanti Nofitayanti, Rafiqa Noviyani, Sumiarti Sumiarti
Published 2021

Abstract

Tulisan ini merupakan kajian literatur yang membahas tentang Model Kurikulum Transmisi dan Implementasinya dalam PAI untuk menumbuhkan kembali khazanah ilmu pengetahuan tentang kurikulum. Pada Artikel ini aspek kajian yang dibahas meliputi:Model Kurikul Transmisi dan Impikasinya dalam Pendidikan Agama Islam, yang n anti akan disimpulkan serta didiskusikan pada bagian bab terakhir. Dalam kajian ini penulis menemukan bahwa kurikulum merupakan segenap pengalaman belajar yang harus dilalui dalam proses pendidikan. Sedangkan pengalaman belajar itu sendiri senantiasa menga lami penyempurnaan selaras dengan perkembangan zaman serta tantangan - tantangan yang akan dihadapi di masa depan. Karena itu, kurikulum harus mampu mewadahi kebutuhan - kebutuhan dan tantangan - tantangan tersebut yang mana desainnya tetap mempertimbangkan prin sip berkesinambungan, berurutan, dan integrasi pengalaman. Adapun model kurikulum transmisi, Gagne sangat konsen terhadap strategi atau metode pengajaran yang mengedepankan stimulus untuk dapat membangkitkan respons siswa, sehingga akan terjadi proses pemb elajaran yang lebih berkesan bagi siswa. Implikasinya, secara tekstual tidak didapati model pengembangan kurikulum, namun dapat ditarik kesimpulan dari esensi pembelajaran yang dikemukakan, maka model pengembangan kurikulum yang tepat untuk model transmisi adalah dengan sangat menitik beratkan pada strategi atau metode pengajaran. Sebagai modern noebehaviouristik mendorong guru khususnya guru PAI untuk merencanakan pembelajaran agar suasana dan gaya belajar dapat dimodifikasi sehingga terciptanya pembelajar an yang menyenangkan bagi siswa

Full text

 

Metrics

  • visibility 0 views
  • get_app 0 downloads